Jumat, 26 Februari 2010

Tugas 2

Keuntungan komputer di masa sekarang; tugas 2


Komputer dan manusia sekarang ini sangat tidak bisa dipisahkan, karena jika kita tidak dapat mengikuti perkembagan komputer, maka kita akan gagap teknologi dan ketinggalan zaman. Penggunaan komputer di masa sekarang ini mulai beredar dan digunakan dimana pun, kapan pun , dan siapa pun, sehingga komputer di sekarang ini mudah ditemukan dimana saja. Selain penggunaan komputer, penggunaan internet pun berpengaruh besar terhadap pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

Ubiquitous computing

internet yang merupakan kombinasi antara teknologi
komputasi dan komputasi, menjadi tulang punggung infrastruktur
informasi global. Gelombang perkembangan teknologi komputasi ini
memungkinkan suatu teknologi yang dinamakan ubiquitous computing
Masa Depan Infrastruktur Informasi dan Ubiquitous Computing
Internet sebagai tulang-punggung infrastruktur informasi global, mulai
berpengaruh kepada kehidupan akademik maupun sosial kita. Internet
menjadi sumber utama informasi, komunikasi, bisnis, dan bahkan menjadi
kendaraan politik para politisi. Teknologi komputasi dan komputasi
membuat akses ke internet menjadi sangat cepat dan mempertinggi
mobilitas. Penggunaan komputer yang terhubung internet secara mobil
(bergerak) merupakan hal yang mudah. Teknologi energi memungkinkan
komputer semakin ringan dan kecil. Mudah didapatkan, portabel, mudah
dioperasikan dan murah. Perkembangan komputer dan internet tersebut
memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer secara kontinyu, di
mana saja, kapan saja, tanpa disadarinya. Inilah yang disebut ubiquitous computing.
Istilah ubiquitous sendiri memiliki arti muncul atau terjadi
dimana-mana.

e-learning

E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Untuk menyampaikan pembelajaran, e-learning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari internet, intranet, cd, dvd, mp3, PDA, dan lain-lain. Penggunaan teknologi internet pada e-learning umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learning sehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah.

E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati.

E-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, diantaranya E-learning bisa mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan :

  1. Mobile technologies seperti PDA dan MP3 players.
  2. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, e-mail, blogs, wiki. Mailing list, facebooks
  3. Keuntungan menggunakan e-learning diantaranya:

· menghemat waktu proses belajar mengajar

· mengurangi biaya perjalanan

· menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku)

· menjangkau wilayah geografis yang lebih luas

· melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Jadi Guru diharapakan mampu mengelola Blog, Wiki, Facebook, E-mail, Forum, Mailing list dsb. Tetapi E-learning bukan segala-galanya sebab tatap muka antara siswa dan guru sangat diperlukan. Peran guru mempunyai porsi 20%, Tugas/simulasi 20%, produk knowledge/e-learning 60%. Dengan demikian peran sekolah sekarang bukan hanya sebagai tempat belajar tetapi menjadikan sekolah sebagai Komunitas Belajar.

Market pasar dalam dunia pendidikan adalah orangtua bukan lagi siswa

Hubungan ubiquitous computing dan e-learning

Ubiquitous merupakan generasi komputer ketiga. Dimana e-learning ini merupakan salah satu teknologi dari ubiquitous. Dengan adanya e-learning, para peserta didik dan pengajar tidak perlu memerlukan suatu tempat yang besar dan konvensional seperti layaknya ruangan kelas standar. Teknologi ini sangat membantu proses kegiatan belajar mengajar. Proses ini sangat efisien dan efektif.

Referensi

agusantoso.wordpress.com/2008/11/.../pengertian-e-learning/

Santrock,J.W.2008.Psikologi Pendidikan edisi kedua.Jakarta:Kencana

Munir.2008.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung:Alfabeta,CV


Steven Tambi

091301025


26 Februari 2010

0 komentar:

Posting Komentar