Kamis, 11 Februari 2010

Tugas 1

Belajar computer di masa anak-anak; Tugas 1

Di masa sekarang ini , teknologi makin canggih , sampai-sampai dunia teknologi tersebut merambat dalam dunia pendidikan . Dari cara pembelajaran , media pendukung dan guru sebagai pengajar pun terlibat dalam kemajuan teknologi tersebut . Dengan demikian , para pelaku pembelajaran itu harus mempelajari dan mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan maupun dunia sehari-hari .
Berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika berada di Sekolah Dasar , itulah pertama kali saya mempelajari tentang bagaimana mengaplikasikan komputer . Pada saat itu , saya cuma tahu bagaimana cara memainkan game dalam program komputer tersebut . Kemudian saya mencarinya sana sini masik keluar folder , akan tetapi saya tidak dapat menemukannya karena program game tersebut mungkin disimpan baik-baik dalam suatu folder , pada akhirnya saya nyerah . Saat itulah saya mulai tertarik dengan dunia computer .
Saya bersikeras untuk mendapat les tambahan tentang komputer . Akhirnya saya dizinkan oleh kedua orang tua saya untuk mendapatkan les tambahan tersebut . Pertama kali mempelajari komputer saya diajarkan permainan yang berhubungan dengan cara mengetik sepuluh jari . Kemudian saya diajarkan cara menggunakan progam – progam komputer terutama Microsoft office , salah satu program komputer yang paling terkenal . Saya diajarkan cara menyusun paragraf , mengganti font , ukuran , warna tulisan dalam microsoft word . Saya juga dituntut untuk menyelesai suatu karangan dalam waktu yang singkat dan memasukkan gambar berupa klip art , image dan chart . Cukup lama juga saya diajarkan tentang Microsoft word . Susah juga ketika pertama kali mempelajari dan menerapakannya , akan tetapi lama kelamaan saya mengerti dan menguasainya . Tapi yang paling saya sukai adalah ketika memperlajari Microsoft excel . Pertama kali saya sangat benci dengan excel karena harus menggunakan rumus – rumus yang sangat rumit . tetapi pada akhirnya saya sangat menyukai pelajaran tersebut . menggabungkan rumus , membuat rumus – rumus rumit itulah yang paling menarik tentang excel . Pelajaran tentang excel – lah yang membuat dasar tentang pelajaran matematika saya menjadi sangat baik . Disamping itu , pelajaran excel juga mengundang kita supaya bagaimana kita berpikir bagaimana membuat suatu rumus yang bisa bermanfaat untuk membantu kita menyelesaikan suatu pelajaran matematika .
Akhir pelajaran dari excel , saya kemudian memasuki Microsoft power point , pelajaran ini cukup menarik , karena disini kita dilatih untuk membuat slide . Slide tersebut amat lucu , unik , dan mengesankan sehingga mengundang niat saya untuk mempelajarinya . Seingat saya , tugas power point yang diberikan kepada saya cukup simple , cuma disuruh membuat slide dengan perspektif yang biasa dengan diiringi music , bagi aku si , tugas tu gak ada tantangan , sampai terlalu mudahnya , saya kemudian menyontek punya teman saya . Akan tetapi , saya edit-edit dikit , sehingga tak Nampak kali kalau saya nyontek . Saya sebenarnya bukan gak bias , akan tetapi saya males mengerjainnya . dari tinjauan saya , hasil kreasi teman saya si biasa aj , jadi saya menambahkan button tuk memainkan musicnya , button untuk memajukan dan memundurkan slide . Dengan mempelajari cara dasar-dasar pengaplikasian komputer , sekarang saya dapat lebih mudah menggunakan program-program di komputer .
Akhirnya saat-saat yang ditunggu , saat penutupan pengalaman saya waktu kecil , atas perhatian yang diberikan , saya ucapkan terima kasih .
Pembelajaran dengan menggunakan komputer
Kebutuhan latihan untuk peserta didik
kemahiran diperlukan dari pesta didik dalam menggunakan komputer dan software akan menentukan kefektifan suatu paket multimedia yang digunakan .
1) Pengetahuan tentang komputer dan bagaimana mengoperasikannnya
a. Peserta didik hanya perlu mengetahui sedikit tentang komponen komputerdan fungsinya
b. Mereka juga perlu mengetahui cara berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan keyboard.
2) Kemampuan mengoperasikan software yang digunakan
3) Pemahaman tentang operasi dan peraturan keselamatan
Peserta didik memerlukan latihan penggunaan komputer yang aman dan selamat . Walaupun suatu komputer dirancang dengan lengkap dengan peraturan keselamatan , namun hal tak diinginkan bias terjadi .
4) Pengetahuan tentang hal – yang perlu dilakukan apabila timbul masalah
Gangguan listrik dan kerusakan software atau hardware terkadang muncul , anak didik dilatih untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan jika hal tersebut terjadi .

Referensi :

Munir . (2008). kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi . bandung : CV Alphabeta

0 komentar:

Posting Komentar