Analisis & Pembahasan
Permasalahan :
“Mengapa mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata
kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak
memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di
lapangan?”
Pembahasan
dengan teori :
·
Asumsi dasar
tentang kondisi belajar Gagne adalah :
1. Belajar dan
pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain
2. Belajar adalah
faktor kausal penting dalam perkembangan individual
3. Banyak hasil belajar
manusia yang digeneralisasikan ke berbagai macam situasi
4. Belajar manusia
adalah kumulatif; belajar ketrampilan yang kompleks didasarkan pada belajar
yang sebelumnya
5. Belajar bukan
proses tunggal
·
Asumsi dasar
tentang teori perkembangan kognitif Piaget :
1. Kecerdasan
seperti sistem biologis, mengonstruksi struktur yang dibutuhkan untuk berfungsi
2. Mengetahui
adalah interaksi antara individu dan lingkungan
3. Pertumbuhan
kecerdasan dipengaruhi oelh empat faktor (lingkungan fisik dan sosial,
maturasi, dan penyeimbangan)
·
Asumsi dasar
tentang teori belajar kognitif – sosial Bandura :
Belajar adalah
interaksi tiga arah antara lingkungan, faktor pribadi, dan prilaku yang juga
melibatkan proses kognitif pemelajar
Dari asumsi teori Gagne, Piaget dan Bandura dapat
kita jelaskan permasalahan yang ada :
Dimana pembelajaran yang ada, pada
umumnya berasal lingkungan; ketika kita berada dalam kelompok yang suka
mengepost blog atau suka online dalam dunia maya, maka lama kelamaan pribadi
kita yang males dalam melakukan post blog atau yang tidak suka online dalam
dunia maya akan mengubah kognitif dan prilaku kita supaya dapat sama dengan
kelompok kita. Prilaku yang dimunculkan ini dinamakan modelling, dimana hal sebaliknya juga akan terjadi ketika
lingkungan kita tidak sesuai atau tidak mendukung, maka menghasilkan prilaku
yang tidak sesuai dengan aturan juga.
Prilaku yang muncul ini berasal dari
pengalaman yang telah didapatnya, yang digeneralisasikan ke dalam semua hal.
Misalnya seseorang yang tidak mau tahu tentang segala hal, maka ketika dalam
pengerjaan tugas, dirinya tidak mau tahu, asal pekerjaannya selesai. Dirinya
akan melakukan hal yang sama dikemudian hari dan pada tugas berikut yang
diberikan pada nya.
Kognitif adalah hal yang terus
berkembang didasarkan pada pembelajaran dan pengalaman. Semakin dewasa
seseorang maka pengalaman seseorang akan pembelajaran hidup ini maka akan
semakin bertambah. Dimana dalam hidup kita, ketika kognisi kita tidak digunakan
untuk hal yang berguna maka lama kelamaan kognitif kita akan menurun dan
pengalaman dari pembelajaran kita akan semakin sedikit.
Selain itu, dalam ilmu psikologi sosial,
ada yang dinamakan social loafing,
dimana ketika ada seseorang atau beberapa orang yang mencolok dalam mengerjakan
sesuatu dalam suatu kelompok, maka yang lain akan menyerahkan tugas – tugas itu
padanya atau membiarkan orang yang mencolok itu untuk mengerjakan. Dalam
permasalahan yang ada, kebanyakan yang belum memberi komentar terhadap rencana
observasi dikarenakan melihat sudah ada yang memberikan komentar dan hal yang
dikomentari juga sama dengan apa yang mau dikomentari, dimana menyebabkan diri
seseorang menjadi tidak tahu mau mengomentari tentang rencana observasi yang
akan dilakukan.
0 komentar:
Posting Komentar